Gempa !!!

Jumat 11 Maret 2011, rakyat dunia kembali berduka. Jepang, salah satu negara maju dikawasan Asia diguncang gempa bumi berkekuatan 9 SR sehingga gempa tersebut menimbulkan adanya Tsunami setinggi 4-10 m dengan estimasi korban tewas mencapai 10.000 jiwa, ratusan ribu masyarakat kehilangan tempat tinggal, dan puluh ribu bangunan hancur. Gempa dengan kekuatan yang tidak kalah ‘gila’nya juga pernah terjadi di Indonesia, tepatnya di Aceh pada tanggal 24 Desember 2004, dengan kekuatan 9,3 SR, menimbulkan gelombang Tsunami setinggi 9 m. Menurut wikipedia pada saat itu, korban tewas mencapai 230.000 jiwa di 8 negara dimana Indonesia, Srilanka, India dan Thailand merupakan negara dengan korban jiwa terbanyak.

Saya sangat tertarik untuk mengetahui apa sebenarnya proses yang terjadi sehingga bisa menimbulkan getaran yang sedemikian dahsatnya. Sebenarnya gempa bumi itu apa sih !! Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.” Dengan melihat defenisinya kita bisa mengetahui alasan logis kenapa gempa dan tsunami bisa terjadi.

Setelah melakukan pencarian disana sini, akhirnya saya mendapat berbagai alasan dan yang lebih logis kenapa bisa terjadi gempa yang sedemikian kuatnya. Saya akan melakukan perbandingan gempa Jepang dan gempa di Aceh.

Aceh (24 Des 2004)

– kekuatan : 9,3 SR

– korban jiwa : kira-kira 230.000 jiwa

– penyebab : terjadi tabrakan antara Lempeng Tektonik India dan Lempeng Sunda di Samudra Hindia yang menyebabkan sebuah rekahan bawah laut dengan panjang 1600 km, jatuh sedalam 20 – 25 meter dan menimbulkan Tsunami setinggi 9 m serta menghantam 8 negara.

Jepang (11 Maret 2011)

– kekuatan : 9.0 SR

– korban jiwa : kira-kira 10.000 jiwa

– penyebab : pergerakan Lempeng Pasifik yang mendesak Lempeng Amerika Utara, Lempeng Pasifik tidak kuat menahan getaran sehingga roboh sepanjang 500 km, selebar 100 km, dan jatuh dengan kedalaman 8 m. Tsunami yang sampai ke daratan mencapai 4-10 m

Luar biasa bukan ?? Bukti tersebut bisa menunjukkan kalau kita berdiam diatas bumi yang penuh dengan ancaman alam….

source :

Kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: